Feel All Alone

04.36 0 Comments A+ a-

Hello... Hello...

Akhir-akhir ini gue suka kangen berat sama masa SMK gue. Yup, gue nggak pernah punya temen deket kayak waktu di SMK. Sedikit cerita, waktu gue SMP temen gue dikit banget. Ya, bisa dihitung pakai jari lah dulu temen-temen SMP gue yang ‘bener-bener temen.’ Karena apa? Waktu SMP sedikit banget orang-orang yang mau temenan sama gue. Dulu gue ngerasa, nggak cuma ‘nggak ditemenin’ tapi gue dianggap remeh sama kebanyakan temen SMP gue. Gue merasa sedih, kadang pernah gue nangis saking nggak ada temen buat curhat sama sekali. Kalau bilang ke orang tua juga gue nggak enak. Jadi, gue jalanin hari-hari SMP gue dengan kesedihan yang gue pendem sendiri. Terdengar lebay, tapi itu nyatanya. Nggak mengada-ngada. Ya, bahkan untuk kelompokan tugas pun nggak ada yang bersedia untuk memasukan gue di dalam kelompoknya. Di dalam kelas, cuma satu atau dua orang doang yang bersedia. Yang lainnya lebih milih ngomong ‘Indi sama lo aja’ (artinya nggak ada yang mau gue tergabung dalam kelompok tugas mereka) dengan tampang yang bikin sakit hati. Yang gue tangkep, alasan mereka bersikap begitu, karena fisik, lol. Karena dulu bisa dibilang, fisik gue lebih buruk dari yang sekarang. wkwkw…
Tapi, ya, itu anak SMP yang menurut gue pemikirannya masih diskriminatif. Gue masih nggak ngerti sampai saat ini apa yang dia cari dari seorang temen yang good looking? Ashamed -__-




Sampai akhirnya gue berubah diri jadi orang yang bener-bener introvert. Gue jadi betah sendiri. Pulang sekolah, ya pulang. Nggak main. Ya, kalau gue main pun gue kadang ngga betah. Keliatannya aja betah. Kalau ada tugas kerjain sendiri. Gue ngerasa nggak berkembang. Tapi, gue masih mikir. Seburuk apa sih gue sampai orang-orang bersikap begitu? Gue berusaha merubah diri terus gue berdoa pas gue masuk SMK biar gue nggak ketemu temen-temen yang weird -__- Gue berdoa supaya gue bisa menjadi orang yang lebih baik, biar lingkungan gue bisa nerima gue apa adanya. Ya, hanya itu yang bisa gue lakuin saking takutnya gue sama masa-masa SMP gue itu. Takut terulang kembali. Anyways, gue nggak pernah ada perasaan kangen sedikit pun tentang masa-masa SMP gue. Itu bukan karena gue memendam kebencian, tapi emang nggak ada sesuatu yang istimewa. Sekarang, gue merasa iri sama adek gue yang bisa dapetin kehidupan SMP-nya yang menyenangkan.

Dan taraaa… pas gue SMK, gue ditetapkan masuk ke kelas yang isinya cewek dengan geng-gengan ala anak ABG. But, mereka hanya geng-gengan. Nggak menghakimi gue atau underestimate.  Dari awal masuk SMK gue mulai punya prinsip temenan sama siapa aja mau dia bikin nyaman atau nggak, kek. Asal dia terima gue apa adanya. Mau gue awalnya akrab sama dia atau nggak, kek. Bodo amat. Yang penting gue temenan, paling nggak gue bersikap baik dan sopan santun dalam pergaulan antartemen tetep dijaga hahah…  Tapi, melihat kondisi kelas baru yang mainannya geng-gengan. Sampe ada yang gengnya dinamain sama geng lain dengan sebutan ‘bopung’, gue akhirnya memilih untuk menjadi seorang yang me-nyen-di-ri. Dalam hal duduk di kelas pun, gue milih duduk di pojokan.
Tapi seiring berjalannya waktu. Mereka nggak begitu. Dan nggak ada angin, nggak ada badai. Gue mulai merasa nyaman hidup di kelas tersebut. Geng-gengan yang awalnya ada, kegiatannya udah bubar, namun namanya tetap ada sampai sekarang. Maksud gue gini, nama geng masih ada tapi udah nggak ada yang namanya kalau pergi ke kantin bergeng-gengan, yang tugas kelompok bergeng-gengan. Siapa aja, jadi. Kalau menurut mereka baik, ya dia temenin. Kalau menurut mereka ada apa-apanya, mereka bisa sadis. Dengan cara tidak temenin. Hufty…
Nah, dari situ gue mulai nyaman dengan teman baru gue yang loveable banget. Walaupun seiring berjalannya waktu atau setiap semesternya pasti ada aja konflik. Saking nyamannya gue sama temen-temen gue itu, belum genap setahun aja gue udah bikin pendeskripsian karakter dari masing-masing anak kelas gue, khususnya cewek. Eh, emang ceweknya doang, sih.
Gue mulai membuka diri. Mulai berteman dengan siapa apa. Yang kayak gue bilang tadi, berteman sama yang buat gue nyaman maupun nggak. Gue juga mulai menjalin pertemanan dengan teman beda kelas gue, meskipun nggak intens. Cuma buat main atau sekedar nyapa doang, gitu. Tapi, ya gue tetep jadi seorang introvert. Gue lebih memilih dalam bercerita. Apa itu patut gue ceritain ke teman gue, gue juga milih orang yang akan gue ajak cerita.
Sekarang, pas gue lulus gue ngerasa temen-temen yang sifatnya kayak temen-temen SMK gue, itu nggak bakal bisa gue temuin di kehidupan perkuliahan gue sekarang. Karena gue ngerasain itu. Gue berusaha mencari hal-hal atau apapun yang menurut gue bisa gue temuin di temen baru gue ini, malah nggak ketemu. Tapi bukan berarti teman kuliah gue nggak menyenangkan. Gini, gue ngerasain, walaupun gue punya temen kuliah. Pikiran gue masih di temen-temen SMK gue. Hidup gue rasanya sepi.
Kesepian ini gue rasain pas tiba-tiba gue mengingat kehidupan gue dulu. Dulu bisa dibilang gue males banget kalau pergi ke sekolah, tapi setelah gue udah sampe sekolah. Gue masuk kelas, langsung liat anak-anak pada ngedeprok di lantai sambil ada yang pake mukena abis pada solat dhuha. Ya, seketika gue lupa kalau gue pernah merasa bosan sama sekolah. Dulu gue pernah ngerasa pengen cepet-cepet liburan, tapi setelah itu, cepet bosan kalau udah libur dua minggu aja. 
Sekarang gue merasa bosan, bosan, bosan. Gue ngerasa sepi, sepi, sepi. Teman-teman kuliah gue baik-baik banget. Tapi gue selalu mengharapkan bisa sama-sama lagi sama teman-teman gue yang dulu. Yang mulutnya pedes tapi sebenernya baik, cuma kadangn gengsi. Yang ngeselin bin rempong tapi care banget. Gue kangen mereka :” gue kangen kumpul-kumpul bareng setiap pulang sekolah di Muna, buat gue nggak bosan. Gue kangen bikin-bikin video diem-diem di aula. Gue kangen rumah gue diisi sama anak-anak yang hanya mementingkan wi-fi gue ketimbang pemiliknya wkwk. Gue kangen bikin-bikin kabel. Gue kangen lab yang seharusnya dipakai buat latihan, malah buat bikin video nggak jelas. Gue kangen berantem-beranteman ala anak ABG wkwk. Gue kangen pas gue sama Manja taruhan (taruhan yang duluan sampe sekolah dapat bakpau dari yang telat). Gue paling kangen pas setiap ada acara di sekolah yang mengharuskan nginep. Gue kangen mandi di toilet sekolah sama Indira pas selesai olahraga (bukan mandi bareng. Beda kamar mandi. Tapi gue selalu ngajakin dia mandi, biar seger). 
Gue kangen sampai heran bisa kangen sama temen-temen gue yang superngeselin. Gue baru sadar teman-teman gue yang omongannya nggak baget itu ternyata alasan hidup gue nggak boring lagi. Gue merasa kesepian mungkin karena gue terlalu kangen sama mereka, kah? Apa gue butuh seorang pendamping? Wkwkw Tapi serius deh itu yang gue rasain sekarang. Gue ketawa di suatu tempat, tapi pikiran gue nggak di tempat itu.
Cuma itu yang gue ceritain tentang apa yang gue rasain sekarang. Ngomong-ngomong tentang masa SMP gue, ada pesan untuk yang baca (siapa tahu ada), coba deh untuk nggak ngerendahin seseorang. Karena lo nggak bakal tahu apa yang terjadi sedetik kemudian sama orang yang lo rendahin itu. Lo nggak akan bisa jadi apa-apa kalau pikiran lo tentang seseorang dipenuhi denga kenegatifan. Lo bisa bilang omongan gue omong kosong doang. Terus gue sok-sokan. Terus gue sok bijak. Terus gue sok paling bener. Gue mah bukannya sok bener atau sok suci, gue mah penuh dosa. Tapi niat gue mah baik. Jadi, apa salahnya gue yang belum menjadi apa-apa ini bercerita sembari memberi faedah? Wkwkwk
Untuk sekarang gue juga ingin mencoba untuk nggak menilai orang dari satu sisi aja tapi sisi lainnya juga. Gue juga belajar mencoba untuk tidak meremehkan orang lain, atau mencoba setidaknya diri gue nggak diremehin lagi. Semoga bisa sama-sama belajar, dan membenahi diri satu sama lain.
Sekiaaann J