Ngomong Ngawur

06.38 0 Comments A+ a-

Hello hello...

Dulu gue ngerasa kayak ngomong, kata-kata yang seharusnya nggak gue keluarkan itu keren. Ya, kayak bahasa hewan gitu. Semenjak masuk SMK gue suka ngomong kayak gitu, tepatnya pas kelas 12. Omongan gue nggak bisa di jaga. Kayak bahasa hewan itu kan seharusnya nggak gue keluarin, tapi gue lontarin aja tanpa dosa. 

Bahasa bahasa yang mengganggu telinga itu gue pake pas gue ngomong sama temen yang udah deket, sih. Ngomongnya langsung ke mereka atau pas chat. Nah, pas chat itu gue lagi bercanda dan sengaja 'kata-kataan'. Mama gue nggak sengaja liat. Terus negor, ya intinya jangan ngomong kayak gitu nggak pantes. Terus gue berdalih kalau itu cuma bercandaan. Terus mama gue bales, ya walopun bercanda nggak boleh. Terus gue iya iya doang. Soalnya gue mikir, itu becanda, nggak bakal nyakitin hati temen gue karena lagi 'becanda', terus juga nggak berdampak apa-apa.

Yaudah gue dengerin apa kata mama gue. Tapi kalo lagi di kelas, ya kadang suka terlontar lagi. Abis itu, temen gue cowok bilang yang intinya cewek itu nggak pantes ngomong kasar kayak bahasa hewan. Jadi aneh. Gue membenarkan pada saat itu, tapi juga menganggap ya nggak fatal juga. 

Nah, kesini sini gue jadi sadar. Omongan yang dibilangin orang-orang sekitar gue ada benernya juga. Sadar karena kemarin gue baru liat video-video di kelas waktu masih sekolah. Di video itu gue ngomong bahasa hewan. Dari situlah gue denger diri gue ngomong kayak gitu jadi panas sendiri kuping gue. Kok bisa ya gue se-innocent (ini bukan sok pake bahasa Inggris ya. Ini salah satu cara biar nggak lupa aja bahasa Inggrisnya) itu? Ya gitulah.

Gue dulu bener-bener orang yang susah jaga omongan. Sekarang juga, sih. Terkadang gue suka nggak sadar. Tapi, sekarang juga gue mulai sadar. Nah, gimana dah tuh? Sadar apa kagak? Wkwk
Terus pas hari Rabu kemarin gue ketemu Kakak alumni. Nggak gue doang sih, sama temen-temen yang lain juga. Bareng bareng. 

Namanya Kak Ratih. Kak Ratih itu mashaa Allah banget. Omongannya enak di denger. Cara ngomongnya pun Patut dijadiin contoh. 

Pas ketemuan kemarin, pas sesi sharing gitu. Gue sharing aja yang masih mengganjal. Salah satunya, gimana gitu cara jaga omongan biar orang lain nggak sakit hati. 

Kata beliau, jaga omongan itu penting. Pen-ting. Tapiii kita juga nggak harus merubah diri kita. Maksudnya kita tetep jadi diri kita yang 'selengean' tanpa kepura-puraan gitulah istilahnya. Ya tetep a6 aja. Wkwk

Gue mulai dapet pencerahan. Sebenarnya masalahnya gak rumit, terus solusinya mudah. Praktikkinnya yang amat sulit. 

Gue kayak udah capek gitu kalo gue misalnya bercanda dengan gue mengeluarkan kata-kata yang... ya, nggak seharusnya. Kita kan nggak pernah tahu perasaan terdalam seseorang. Mungkin dia kayak oke oke aja. Walaupun orang itu nggak sakit hati banget, pasti terbesit di benaknya 'kok dia ngomongnya bisa kayak gitu, sih. Kenapa gitu, sih?' Pasti perasaan kayak gitu ada. Soalnya pernah ngalamin. Tapi at least gue masih fine fine aja kalo ada temen-temen gue yang ber kata seperti itu. Gue tahu maksud mereka nggak kayak gitu, tapi itu mungkin udah jadi habit. Jadi gue nggak masalah. Selama mereka tahu batasannya.

Etapi gue juga pernah kesel kalau digituin sih. Apalagi di chat, gue suka dikatain apalah apalah. Terus gue langsung bales aja 'berisik'. Tanpa emoticon. Just 'berisik'. Terus mereka nggak ada yang bales. Gue pikir sih mereka kayak kicep gitu takut gue baper kayaknya wkwk. But, yeay, gue ngerasa udah mulai berani sekarang. 

Tapi gimana ya, gue nggak sakit hati sebenernya, tapi kadang suka nggak enak aja liat chatan kayak gitu. Wkwk. 

Sekiaan.