TIPS BIJAK BERMAIN ASK.FM

07.29 0 Comments A+ a-





Dalam bermain sosial media, tentu ada beberapa kekurangan atau dampak yang didapat para penggunanya. Seperti salah satunya, aplikasi Ask.fm yang rentan terhadap penggunannya melakukan bullying atau menjadi pihak yang dibully dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Berikut adalah tips bagi para pengguna Ask.fm untuk lebih bijak menggunakan media sosial tersebut:





  1. Jadikan Tempat Berbagi Ilmu
Ask.fm sebagai media yang luas dalam menyebarkan informasi, tentu memiliki kekurangan serta kelebihan. Menyebarkan ilmu yang kita miliki melalui media sosial Ask.fm merupakan salah satu kelebihannya. Seseorang bisa memulai bermainnya dengan berbagi ilmu. Seperti halnya yang dilakukan oleh Riri Setio Rini (20 tahun), yang memanfaatkan media Ask.fm sebagai sarana untuk berdakwah. Dari Ask.fm pula, dia sudah bisa mengisi dakwah di sejumlah universitas seperti UI, UNDIP, UNJ, UMJ, dan lain-lain.
“Kalau mau cari ilmu, tapi nggak punya duit, maka cari orang di Ask.fm yang punya ilmu tinggi. Belajar deh dari mereka. Dapat gratis kan? Hehe...” ujar Riris dengan santai. Wanita yang mengaku sudah bermain Ask.fm sejak tahun 2013 ini pun menambahkan bahwa untuk mencari ilmu di Ask.fm lebih mudah, dan tentunya bermanfaat, bukan?

  1. Tanggapi Anonim dengan Santai
Bermain sosial tentu rentan dengan yang namanya judge dan bully. Bagaimana cara menghadapi jika ada user anonim yang bertanya dengan kata-kata yang bisa dibilang tidak sopan? Agar tidak memperpanjang masalah atau hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baiknya dihiraukan anonim yang suka berkata-kata kasar yang mengandung unsur menjatuhkan atau men-judge.
“Dijawab baik-baik aja sih. Sebenernya mah nggak usah diladenin gituuu. Jadi nggak perlu kebawa emosi,” ucap Tiara Ayu Pramesty (19 tahun). Wanita asal Depok ini pun lebih memilih menanggapi anonim ‘usil’ dengan sewajarnya saja, biar tidak menimbulkan keributan. Tentunya kalau menanggapi anonim yang suka judge dengan emosi, tidak akan menyelesaikan apa pun. Selain menanggapi dengan santai, kita harus menjadikan tindakan mereka sebagai bahan instropeksi diri dan buktikan kepada mereka yang suka judge, bahwa kita tidak seperti apa yang mereka katakana, ya.

  1. Tempat Bersosialisasi
Ask.fm merupakan media bagi penggunanya untuk menerapkan kegiatan sosialisai mereka. Sebagai pengguna yang bijak, sudah sepatutnya menggunakan media sosial untuk saling berinteraksi dengan makhluk lain. Seseorang bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain yang kemudian memperbanyak teman lewat Ask.fm. Seperti yang diutarakan Rafiq Aziz (20 tahun), mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, “(Di Ask.fm) bisa buka koneksi sama orang-orang, jadi gak cuma kenalnya sama itu-itu aja.

  1. Menambah Informasi
Banyak cara yang kita lakukan agar bermain Ask.fm lebih banyak manfaatnya. Salah satunya kita harus memanfaatkannya sebagai media yang menambah informasi atau pengetahuan kita. Karena Ask.fm mudah diakses dan dilihat oleh siapa saja, penyebaran informasi dari berbagai pengguna pun mudah.
Untuk hal itu, kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Bisa dapat informasi yang terupdate (lewat Ask.fm). Bisa tahu hal-hal baru kayak misalnya destinasi wisata, life hack, kafe-kafe baru yang enak, macem-macem. Pokoknya banyak deh.” Tutur Rafiq. Dengan cara bijak seperti itu, kita bisa menyingkirkan hal-hal negatif atau yang tak bermanfaat, yang mungkin saja kita lakukan di Ask.fm.

  1. Jangan men-judge seseorang
Menjaga hubungan baik itu penting sekali. Baik dengan orang terdahulu, orang yang kita kenal atau yang tidak kita kenal sama sekali. Menjaga hubungan baik di sosial media tak kalah pentingnya, salah satu caranya adalah dengan tidak men-judge satu sama lain.
Tiara Ayu, mahasiswa Universitas Indonesia yang sudah bermain Ask.fm selama kurang lebih 5 tahun ini pun setuju bahwa tindakan men-judge atau sejenisnya itu tidak baik, dan tidak pantas dilakukan. “Jangan asal men-judge seseorang. Gak baik hehehe. Dari pada asal nge-judge, mending ditanya baik-baik dan dicari tau dulu.” Jelasnya. Baginya dengan melontarkan kata-kata kasar lewat Ask.fm akan memancing emosi seseorang. Seseorang pun harus lebih menjaga perasaan orang lain atas perkataan yang ia lontarkan. Menillai segala sesuatu hal boleh-boleh saja, asal masih di dalam batas kewajaran.
“Tolong berpikir dua kali sebelum menjatuhkan orang lain. Your words could hurts.” Tambah Rafiq Aziz yang sudah menggunakan Ask.fm sejak tahun 2012. Bagi Rafiq, dalam bermain sosial media, yang terpenting dibawa santai dan tidak perlu dianggap serius akan sesuatu hal yang ada di media tersebut, termasuk Ask.fm.
Tips ke lima ini, wajib sekali dilakukan untuk semua kalangan, ya.  

  1. Pintar Menyaring Infromasi
Masalah-masalah yang biasa terjadi di dunia nyata, sering sekali langsung menyebar begitu saja di media sosial. Setelah mendapat informasi, alangkah baiknya kita menyaring informasi tersebut. Karena, tidak semua informasi yang ada Ask.fm atau media sosial lainnya memiliki fakta yang akurat. Seseorang harus bijak menyaring informasi agar tak menimbulkan kesalahpahaman.
“Kalau ada info atau cerita-cerita dari Ask.fm, ya sebaiknya disaring dulu. Sebenarnya sih ini berlaku untuk semua medsos. Jadi gimana pinter-pinternya kita kita nerima informasi,” ucap Tiara Ayu Pramesty. Karena kalau kita sampai salah menerima informasi, akan berdampak untuk diri kita dan orang lain yang mungkin menerima informasi tidak akurat tersebut. Terkadang seseorang yang

emembuat seseorang ingin melakukan hal-hal negatif seperti halnya men-judge. Media sosial juga merupakan sumber informasi sekaligus dapat mempengaruhi pemikiran seseorang.


Indi Vidyafi - Artikel Gensindo Edisi 17 September 2016